Tuesday 15 August 2023

Mengenal Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Mental

Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Get Link
Congrats! Link is Generated

Stres yang dialami oleh seseorang bisa saja menyebabkan kesehatan mental menjadi bermasalah. Beban kerja, lingkungan pergaulan yang salah, sampai mengakses media sosial jadi beberapa penyebab munculnya pikiran yang kurang sehat tersebut.

Mengenal Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Mental
Apabila hal ini terus dibiarkan, maka mental bisa terganggu. Akibatnya, Anda sulit menjalani hidup dengan normal karena tidak mempunyai rasa nyaman dan tenang dalam diri.

Mengenal Apa Itu Kesehatan Mental

Berdasarkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), mental yang sehat dikenal sebagai salah satu kondisi sejahtera di mana setiap individu bisa mewujudkan potensi sendiri. Hal ini berarti, individu dapat mengatasi tekanan kehidupan yang normal.

Bahkan, bisa berfungsi secara produktif dan bermanfaat, dan mampu memberikan kontribusi kepada komunitas mereka. Anda wajib menjaga mental yang sehat dengan menerapkan beberapa tips sederhana.

Tips Hidup Sehat yang Sederhana

Adapun tips kesehatan sederhana yang akan disampaikan ada lima. Di bawah ini sudah ada tips agar hidup senantiasa terasa ceria.

1. Keluar dari pergaulan yang toxic

Orang yang berada di sekeliling Anda berkontribusi besar untuk membentuk kehidupan yang sedang dijalani saat ini. Apabila orang tersebut toxic dan sering membawa pengaruh buruk bagi mental jangan ragu untuk mengabaikannya.

Kurangi dan hentikan interaksi dengan orang yang selalu mengusik kehidupan. Jalinlah pertemanan dengan orang yang memiliki karakter baik agar Anda senantiasa bahagia lahir dan batin.

2. Membatasi akses ke media sosial

Media sosial juga seringkali menjadi sumber kegelisahan dalam hidup. Melihat banyak orang pamer dengan segala pencapaian atau kehidupan yang terlihat selalu menyenangkan memang bisa membuat Anda merasa tidak percaya diri.

Oleh karena itu, batasi akses ke media sosial, termasuk memilih untuk keluar dari grup yang mengganggu. Hal ini bukan semata-mata iri atau tidak suka, namun lebih bertujuan untuk membuat Anda mendapatkan ketenangan.

3. Menerapkan pola hidup sehat

Ungkapan “mens sana in corpore sano” tentunya sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Ini memiliki makna mendalam bahwa di dalam tubuh yang sehat, ada jiwa kuat.

Oleh karena itu, menjaga kesehatan mental juga dapat Anda lakukan melalui memelihara fisik yang bugar. Anda bisa menerapkan pola hidup sehat dengan menjalani olahraga yang rutin.

Selain itu, juga mengkonsumsi makanan dan minuman bernutrisi, dan tidak lupa cukup beristirahat. Dengan begitu, badan akan menjadi lebih bugar dan mental akan semakin sehat.

4. Memberikan self-reward

Melaksanakan rutinitas kerja sebenarnya bisa menimbulkan stres, terlebih lagi bila sedang banyak deadline yang harus segera diselesaikan dalam waktu yang hampir bersamaan. Apabila sudah begini, Anda akan merasa lelah dan tidak ada semangat untuk berkarya.

Oleh karena itu, sesekali visa memberikan self-reward atas kerja keras yang sudah dilakukan. Hadiahi dirimu dengan sesuatu yang dapat membangkitkan motivasi, sehingga hati merasa kembali bahagia dan kesehatan mental terjaga dengan baik.

5. Rutin mencurahkan segala perasaan

Sebagai manusia, tentu hal yang wajar untuk merasakan berbagai macam perasaan setiap harinya. Terkadang Anda bisa berbahagia, kemudian merasakan kesedihan.

Apabila dipendam, akan ada timbunan perasaan yang beragam sehingga mengganggu kestabilan mental. Oleh karena itu, bukan ide buruk untuk mencurahkan segala isi hati, baik yang bersifat menyenangkan atau menyedihkan.

Anda bisa melakukannya dengan menulis dalam buku harian atau bercerita kepada orang terdekat. Dengan begitu, Anda bisa tetap merasa bahagia, sehingga kualitas mental akan selalu prima.

Seperti fisik yang sehat, mental juga harus bisa menjadi prioritas utama untuk diperhatikan dengan saksama. Oleh karena itu, jangan ragu untuk menyingkirkan segala hal yang akan mengganggu kondisi mental agar tetap hidup aman dan damai.

Bagi Anda yang merasa khawatir dengan mental diri sendiri lebih baik berkunjung ke psikiater. Kesehatan mental memang harus bisa dijaga dengan sebaik-baiknya.

0 komentar

Post a Comment