Thursday 10 August 2023

Memilih Makanan Sehat untuk Sarapan? Ini Referensinya

Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Get Link
Congrats! Link is Generated

Sarapan merupakan asupan pertama dalam mengawali hari Anda. Tentu saja asupan nutrisinya harus diperhatikan. Jangan asal makan dan kenyang tanpa memikirkan apakah sarapan Anda termasuk makanan sehat atau sebaliknya.

Memilih Makanan Sehat untuk Sarapan? Ini Referensinya
Pagi hari merupakan jam biologis tubuh mengeluarkan racun. Sebaiknya, konsumsi makanan di pagi hari yang bisa meringankan kinerja saluran pencernaan. Untuk lebih jelasnya tentang asupan sarapan sehat, berikut beberapa pilihannya.

Aneka Makanan Sehat untuk Sarapan

Sarapan merupakan hal penting yang tidak boleh dilewatkan. Sebaiknya ketika makan pagi, kurangi kadar karbohidrat dan perbanyak protein untuk memperlancar saluran pencernaan. Ini dia beberapa pilihan makanan untuk sarapan.

1. Pisang

Kalori dalam buah pisang cukup tinggi. Untuk ukuran sedang saja jumlahnya mencapai 105 kalori. Walaupun demikian, nutrisi lain dalam buah bertekstur lembek ini cukup lengkap. Mulai dari kalium, vitamin C, serat alami, dan aneka mineral. Olah pisang menjadi smoothies untuk mendapat cita rasa yang lebih lezat.

2. Greek Yogurt

Greek yogurt merupakan jenis yogurt yang kadar proteinnya lebih tinggi dibandingkan yogurt pada umumnya. Konsistensinya lebih padat dibandingkan yogurt yang umumnya lebih cair. Makanan yang juga kaya kalsium ini bisa dikonsumsi dengan kacang-kacangan, granola, buah segar, atau disantap langsung.

3. Oatmeal

Oatmeal merupakan olahan gandum utuh yang kaya akan manfaat. Terdapat vitamin B kompleks, lignin, magnesium, hingga zat besi yang baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Sajikan olahan gandum utuh ini dengan susu segar dan buah-buahan. Pastikan oatmeal yang Anda konsumsi tidak mengandung gula dan sodium tinggi.

4. Telur

Sarapan dengan makanan tinggi protein membantu menangkal kebiasaan ngemil makanan tidak sehat sepanjang hari. Telur merupakan bahan makanan kaya protein, kolin, dan vitamin B yang berguna untuk membantu meningkatkan ketajaman memori. Roti gandum lapis irisan telur rebus cocok sebagai menu sehat sarapan Anda.

5. Almond Butter

Jika Anda alergi telur maupun produk olahan susu, almond butter bisa menjadi alternatif. Almond butter merupakan mentega dari kacang almond yang bisa dikombinasikan dengan roti gandum. Selain itu, Anda juga bisa menyajikan bahan pangan kaya protein ini dengan pisang maupun buah lainnya.

Pastikan makanan sehat dikonsumsi sebagai menu sarapan Anda, Jangan lupa konsumsi air putih secara cukup agar tubuh terhindar dari dehidrasi. Semoga dengan rutinitas sarapan sehat bisa berdampak baik bagi kesehatan Anda dalam jangka panjang.

SUMBER:
https://www.alodokter.com/pilihan-menu-sarapan-sehat-agar-tubuh-berenergi
https://www.halodoc.com/artikel/inilah-makanan-sehat-yang-sebaiknya-dikonsumsi-saat-sarapan
https://hellosehat.com/nutrisi/tips-makan-sehat/menu-sarapan-sehat/

Gambar:
https://www.pexels.com/id-id/foto/oat-dan-kacang-dalam-grey-bowl-543730/

0 komentar

Post a Comment