Tuesday 15 August 2023

Mulailah Pola Hidup Sehat dengan Melakukan 4 Kebiasaan Ini

Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Get Link
Congrats! Link is Generated

Memiliki hidup yang sehat dimulai dari membuat polanya. Pola hidup sehat sebenarnya mudah dilakukan. Asalkan konsisten, serta berani untuk memulai. Sayangnya, banyak yang masih bingung bagaimana cara memulainya. Sebenarnya untuk start hidup sehat bisa dari hal-hal sederhana seperti berikut.

Mulailah Pola Hidup Sehat dengan Melakukan 4 Kebiasaan Ini
Bagaimana Cara Memulai Pola Hidup Sehat?

Memulai sesuatu yang baik memang terasa sulit. Jika proses awalnya sudah dilakukan, tentu untuk kedepannya akan berubah menjadi kebiasaan. Mulai dari hal-hal sederhana dulu, dengan beberapa contoh ini:

1. Bangun Pagi dan Mandi

Banyak orang sukses di luaran sana yang memiliki kebiasaan bangun pagi. Selain berguna agar pekerjaan selesai lebih awal, bangun pagi juga baik untuk kesehatan tubuh. Coba atur waktu Anda bangun, dan mulai biasakan. Jika memungkinkan, cobalah mandi pagi agar tubuh segar dan otot rileks.

2. Disiplin Sarapan

Sarapan sangat berguna untuk mendukung aktivitas Anda sehari penuh. Bahkan untuk yang sedang diet, makan pagi diharuskan. Fungsi sarapan salah satunya membantu mengaktifkan kinerja organ tubuh. Keinginan untuk jajan makanan non sehat akan berkurang jika dari rumah sudah dalam kondisi perut kenyang.

3. Usahakan Tidak Sering Begadang

Begadang baik karena mengerjakan tugas, alasan pekerjaan, atau sekedar nongkrong, efeknya sama sekali tidak baik. Jangka pendeknya, waktu tidur akan berantakan. Sedangkan untuk jangka panjang, membuat kerja liver semakin kewalahan.

Sebaiknya disiplinkan waktu tidur. Jika tidak ada kepentingan apapun di malam hari, usahakan untuk tidur. Matikan lampu, ponsel, dan usahakan tidak ada suara yang mengganggu. Jika perlu, pasang humidifier agar udara lembab dan nyaman untuk tidur.

4. Kurangi Asupan Gula dan Garam

Gula dan garam adalah komponen penting dalam makanan jika porsinya cukup. Terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan kandungan gula akan membuat insulin sulit bekerja. Jangka panjangnya akan memicu diabetes.

Sedangkan garam juga demikian. Terlalu banyak makanan tinggi garam seperti mie instan, akan membuat darah mengental. Aliran darah yang tidak lancar berisiko buruk ke jantung. Makan makanan dengan gula dan garam secukupnya, jangan melewati batasan normal.

5. Rajin Bergerak dan Olahraga Ringan

Otot tubuh perlu digerakkan agar tidak kaku. Selain itu, aliran darah ke jantung menjadi lebih lancar jika Anda rajin bergerak. Atur waktu olahraga agar otot terbiasa bergerak. Tidak perlu yang berat dulu. Cukup rutinkan lari pagi, push up atau sit up. Anda juga bisa cukup berjalan-jalan pagi minimal 20 menit.

Kebiasaan tersebut memang sekilas remeh. Padahal jika terbiasa, pola hidup sehat secara otomatis akan tertanam. Jangan lupa makan makanan bergizi dan kelola stress untuk meminimalisir gangguan kesehatan.

0 komentar

Post a Comment