Tuesday 15 August 2023

Inilah Beberapa Nutrisi yang Bermanfaat untuk Kesehatan Mata

Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Get Link
Congrats! Link is Generated

Menjaga kesehatan mata termasuk salah satu hal yang penting. Caranya dengan mengonsumsi makanan bergizi seperti Wortel yang dikenal sebagai sumber makanan menyehatkan mata.

Inilah Beberapa Nutrisi yang Bermanfaat untuk Kesehatan Mata
Hal ini karena kandungan vitamin A di dalamnya. Selain vitamin A, terdapat berbagai nutrisi lain yang bermanfaat bagi mata. Dengan memenuhi nutrisi tersebut, diharapkan mata bisa menjalankan fungsinya secara optimal.

Nutrisi yang Baik untuk Kesehatan Mata

Ada beberapa penjelasan terkait nutrisi untuk mata. Berikut ini sudah ada penjelasan yang bisa Anda ketahui agar lebih mudah.

1. Lutein dan zeaxanthin

American Optometric Association (AOA) telah menjelaskan, banyak penelitian yang menunjukkan bahwa lutein dan zeaxanthin dapat mengurangi risiko penyakit mata kronis.

Sehingga yang mengonsumsi lebih banyak lutein dan zeaxanthin mempunyai resiko lebih rendah mengembangkan katarak baru. American Academy of Ophthalmology mengutip, kedua nutrisi ini secara alami ditemukan pada retina mata. Hanya dengan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin bisa untuk kesehatan mata. Kandungan lutein dan zeaxanthin banyak sekali ditemukan pada tanaman yang mengandung karotenoid.

Misalnya saja seperti pigmen yang memberi warna pada banyak sayuran dan buah-buahan. Lutein dan zeaxanthin pada sayuran berdaun hijau, seperti kangkung, bayam, dan brokoli.

Selain itu, ada pepaya, jagung, jeruk, dan mangga juga mengandung karotenoid. Sehingga memiliki manfaat untuk mata lebih sehat.

2. Vitamin C

Sama seperti organ tubuh yang lainnya, mata juga perlu antioksidan salah satunya seperti vitamin C. Melansir dari AOA, bukti ilmiah telah menunjukkan bahwa vitamin C bermanfaat untuk kesehatan mata.

Sebab, vitamin C mampu menurunkan risiko berkembangnya katarak. Selain itu, saat vitamin C dikonsumsi bersama nutrisi penting lainnya, mampu memperlambat perkembangan degenerasi makula terkait usia.

Beberapa contoh makanan yang memiliki kandungan vitamin C seperti jeruk, pepaya, brokoli, dan tomat. Anda bisa mengkonsumsi makanan tersebut setiap hari agar hasilnya maksimal.

3. Vitamin E

Healthline telah menyebutkan bahwa vitamin E termasuk salah satu vitamin larut lemak. Vitamin E seringkali dianggap sebagai vitamin untuk kesehatan kulit. Selain dapat menyehatkan kulit, vitamin E juga bisa menjaga mata menjadi lebih sehat.

Vitamin E dikenal sebagai antioksidan sehingga bisa melindungi sel-sel di mata dari radikal bebas yang merusak jaringan sehat. Vitamin E ini juga bisa didapatkan dari ubi jalar, alpukat, dan kacang-kacangan.

4. Asam lemak esensial

Healthline telah menjelaskan bahwa asam lemak omega-3 rantai panjang EPA dan DHA berguna sekali untuk menjaga mata lebih sehat. DHA bisa saja ditemukan di retina dalam jumlah tinggi untuk membantu menjaga fungsi mata.

Kekurangan DHA ini bisa mengganggu penglihatan terutama pada usia anak. Menurut AOA, studi pada bayi prematur dan bayi cukup bulannya menunjukkan bahwa memperoleh cukup asam lemak omega-3 dalam makanan.

Hal ini sangat penting untuk perkembangan visual yang lebih optimal. Ikan salmon dan tuna diketahui merupakan sumber makanan yang mengandung asam lemak omega 3.

Seng Bermanfaat untuk Gangguan Penglihatan

Seng atau zinc memiliki peran penting dalam kesehatan mata. Seng juga berperan dalam membawa vitamin A dari hati ke retina untuk menghasilkan melanin dan sebagai pigmen pelindung di mata.

Munculnya gangguan penglihatan, seperti penglihatan malam yang buruk dan katarak berhubungan dengan kekurangan mineral seng. Sumber makanan dengan kandungan seng yakni telur, susu, kerang, kacang-kacangan, serta biji-bijian.

Makanan yang baik untuk mata tidak hanya ada pada wortel yang memiliki kandungan vitamin A saja. Terdapat beragam nutrisi lainnya diantaranya lutein dan zeaxanthin, vitamin C, vitamin E, asam lemak esensial, serta seng.

Berbagai nutrisi ini bisa didapatkan dari makanan diantaranya telur, susu, buah, sayur, kacang-kacangan, dan beberapa jenis ikan laut. Jadi dengan nutrisi yang ada di atas bisa membantu kesehatan mata.

0 komentar

Post a Comment