Friday 11 August 2023

Kadar Asam Urat Tinggi? Coba Konsumsi 5 Makanan Sehat Ini

Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Get Link
Congrats! Link is Generated

Kadar asam urat yang tinggi dapat menyebabkan rasa sakit di sekitar sendi. Rasa sakit tersebut bahkan dapat menyebabkan aktivitas penderitanya terhambat. Mengonsumsi makanan sehat penurun kadar asam urat bisa menjadi ikhtiar Anda.

Kadar Asam Urat Tinggi? Coba Konsumsi 5 Makanan Sehat Ini
Makanan ini bermanfaat untuk menurunkan kadar purin dalam darah. Selain mengonsumsi obat-obatan dari dokter, perlu kedisiplinan dalam mengonsumsi makanan sehari-hari. Berikut beberapa contoh makanan yang bisa menurunkan kadar asam urat.

Aneka Makanan Sehat Penurun Asam Urat

Pengidap asam urat perlu menghindari makanan tinggi purin. Misalnya daging merah, makanan laut, jeroan, hingga makanan manis. Sebagai gantinya, beberapa asupan kaya nutrisi berikut bisa dikonsumsi setiap hari.

1. Buah-buahan

Hamper semua jenis buah bersahabat bagi penderita asam urat. Utamanya adalah buah dengan kadar vitamin C tinggi seperti jeruk, pir, jambu biji, apel, dan sebagainya. Buah-buahan ini kaya akan serat yang bagus untuk pencernaan. Selain itu, kadar purinnya juga rendah.

2. Teh Hijau

Teh hijau merupakan sumber katekin yang merupakan salah satu jenis antioksidan. Senyawa ini berguna untuk menghambat produksi asam urat tubuh. Selain itu, katekin dalam teh hijau ini juga bekerja aktif mengeluarkan Kristal asam urat serta meluruhkannya lewat ginjal.

3. Ikan Salmon

Walaupun sempat disinggung bahwa penderita asam urat untuk mengurangi konsumsi ikan laut, tapi tidak dengan salmon. Jenis protein hewani ini kaya akan omega 3 yang berguna untuk mengurangi pembengkakan. Selain itu, salmon juga mengandung asam lemak tak jenuh yang bermanfaat menurunkan kolesterol.

4. Kentang

Kentang merupakan umbi dengan kandungan karbohidrat kompleks. Nutrisi ini sangat penting untuk meningkatkan pengeluaran asam urat lewat urine. Selain itu, kadar gulanya pun lebih rendah sehingga cocok untuk mencegah komplikasi diabetes. Selain kentang, Anda juga bisa mengonsumsi beras merah, jagung, maupun ubi.

5. Sayuran

Pilih sayuran hijau dengan kadar purin rendah. Misalnya kol merah, wortel, mentimun, selada, kale, hingga paprika. Ada baiknya batasi konsumsi sayuran hijau seperti bayam, kangkung, hingga daun singkong karena memiliki purin tinggi. Kombinasikan dengan karbohidrat kompleks seperti nasi merah atau gandum utuh.

Penyakit asam urat memang tidak bisa sembuh total. Perlu kesadaran diri sendiri dengan menjaga gaya hidup sehat. Jangan lupa selalu konsumsi makanan sehat agar kadar asam urat tubuh tidak sering melonjak.

Sumber:
https://kesehatan.kontan.co.id/news/14-makanan-dan-minuman-penurun-asam-urat-yang-mudah-didapat?page=all
https://hellosehat.com/muskuloskeletal/radang-sendi/makanan-untuk-asam-urat/
https://www.halodoc.com/artikel/6-makanan-yang-aman-dikonsumsi-pengidap-asam-urat

Gambar:
https://www.pexels.com/id-id/foto/empat-nampan-varietas-buah-1300975/

0 komentar

Post a Comment