Thursday, March 24, 2022

Smoothies Buah, Makanan Sehat Kaya Serat dan Manfaat

Smoothies merupakan campuran aneka macam buah dan susu yang kemudian diblender menjadi satu. Makanan sehat satu ini semakin populer seiring meningkatnya kesadaran akan gaya hidup sehat.

Selain rasa dan warnanya yang menggiurkan, ternyata manfaatnya bagi tubuh sangat bervariasi. Smoothies berbeda dengan jus. Secara tampilan, jus lebih encer sedangkan smoothies lebih pekat. Sebelum mengonsumsi asupan kaya nutrisi ini, simak sejumlah manfaatnya berikut ini.


Berbagai Manfaat Smoothies Buah

Smoothies buah bisa dibuat dengan berbagai macam campuran. Bisa dengan seledri, susu almond, susu sapi, kacang-kacangan dan lainnya. Manfaatnya bagi kesehatan tubuh cukup banyak. Berikut ulasannya.

  • Alternatif untuk yang Tidak Suka Buah

  • Bagi sebagian besar orang, buah merupakan bahan makanan yang lezat. Akan tetapi ada pula yang tidak menyukainya karena beberapa faktor. Smoothies dengan aneka campuran ini cocok sebagai alternatif bagi yang tidak suka buah. Tentunya nutrisi yang ada di dalam buah-buahan tetap bisa didapatkan walaupun bentuknya sudah berbeda.

  • Penambah Kalori

  • Kalori berperan penting dalam menambah energi tubuh. Cukupnya kalori akan memberikan tenaga dalam aktivitas sehari-hari. Selain mengonsumsi makanan kaya karbohidrat, kalori bisa didapatkan dari smoothies buah. Adanya gula, serat, kalsium, dan protein bisa menjadi asupan penambah kalori.

  • Membantu Meningkatkan Massa Otot

  • Siapa sangka di dalam smoothies terkandung sejumlah protein. Protein ini sangat penting untuk membantu meningkatkan massa otot. Campuran susu almond, pisang, dan stroberi merupakan kombinasi menarik untuk dijadikan smoothies. Jangan lupa imbangi dengan makanan sehat lainnya agar massa otot makin meningkat.

  • Membantu Memperlancar Pencernaan

  • Serat merupakan nutrisi penting yang sifatnya tidak larut air. Sifat serat tersebut sangat baik agar pencernaan lebih lancar. Smoothies merupakan asupan tinggi serat karena memiliki berbagai campuran buah-buahan. Bagi yang mengalami konstipasi, makanan satu ini cocok sebagai pilihan asupan kaya serat.

  • Sebagai Variasi Makanan Kaya Nutrisi

  • Kadangkala rasa bosan terhadap makanan yang monoton pasti ada. Smoothies buah bisa menjadi alternatif untuk menambah variasi makanan kaya nutrisi. Anda bisa mencampur berbagai jenis buah dan bahan lain agar tercipta rasa smoothies yang menarik. Cobalah untuk mengganti campuran buah setiap hari agar asupan makanan yang dicerna tubuh lebih bervariasi.

    Ternyata dibalik rasanya yang lezat, ada segudang manfaat smoothies buah bagi kesehatan. Imbangi dengan pola hidup sehat juga agar asupan nutrisinya makin maksimal. Jangan lupa konsumsi jenis makanan sehat ini secukupnya dan variasikan dengan jenis makanan lain.

    SUMBER:
    https://www.halodoc.com/artikel/konsumsi-smoothies-hijau-tren-gaya-hidup-sehat-masa-kini
    https://www.minews.id/gaya-hidup/jangan-keliru-ini-bedanya-manfaat-jus-dengan-smoothies
    https://www.grid.id/read/04138306/9-manfaat-mengkonsumsi-smoothie-nomor-7-penting-buat-kesehatan-kulit?page=all

    GAMBAR:
    https://www.pexels.com/id-id/foto/aneka-irisan-buah-dalam-mangkok-keramik-putih-1092730