Thursday, March 24, 2022

Ingin Makanan Sehat Lancar Tercerna Tubuh? Ini Dia Tipsnya

Nutrisi yang terkandung di dalam makanan sehat diharapkan menyebar merata ke seluruh organ. Jika proses pencernaan makanan saja sudah bermasalah, maka seberapa bagus nutrisi di dalamnya tidak maksimal diserap tubuh.

Ada banyak faktor yang membuat pencernaan makanan bisa lancar. Salah satunya kesehatan organ usus. Selain itu, faktor di luar tubuh juga turut berpengaruh. Simak beberapa tips berikut agar makanan lancar tercerna.


Tips Agar Makanan Sehat Lancar Tercerna

Proses cerna makanan tiap orang berbeda. Ada yang hanya 10 jam, 73 jam, bahkan sampai 3 hari. Agar proses pencernaan lancar sehingga makanan bisa didapatkan nutrisinya, berikut beberapa tipsnya.

  • Banyak Konsumsi Cairan

  • Kurang cairan tubuh berpotensi mengidap konstipasi sehingga penyerapan makanan tidak maksimal. Asupan cairan tubuh tidak sebatas air putih. Anda bisa menyelinginya dengan mengonsumsi makanan kaya air. Misalnya semangka, sayuran, dan kafein dalam porsi cukup.

  • Konsumsi Serat Cukup

  • Agar penyerapan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi maksimal, sehatkan pencernaan dengan asupan serat. Serat merupakan nutrisi yang sifatnya tidak larut air. Fungsinya mendorong makanan agar terus bergerak di sistem pencernaan. Coba tambah asupan serat secara perlahan agar terhindar dari risiko kembung.

  • Olahraga

  • Sebuah studi menunjukkan bahwa olahraga sangat berpengaruh pada kesehatan pencernaan. Bersepeda dan jogging misalnya bisa mengurangi waktu transit makanan sampai 17 jam. Cukupi olahraga setidaknya seminggu dua kali. Coba lakukan olahraga ringan terlebih dahulu agar terbiasa, baru beralih ke porsi olahraga yang lebih berat.

  • Makan Secukupnya

  • Walaupun dianjurkan untuk memperbanyak makanan bernutrisi tinggi, ada baiknya untuk makan dalam porsi cukup. Makan dalam porsi berlebih akan membuat proses pencernaan melambat. Susah buang air besar, kembung,dan penyerapan nutrisi tidak maksimal merupakan dampak dari seringnya makan berlebihan.

  • Perbaiki Siklus Tidur

  • Proses cerna makanan sangat berhubungan dengan siklus tidur Anda. Sebisa mungkin, susun jadwal tidur secara teratur. Hindari begadang karena akan membuat proses pencernaan terganggu. Selain itu, efek jika siklus tidur berantakan yang lain adalah muncul perut kembung dan sakit kepala.

    Lancarnya proses cerna makanan sehat diharapkan memberikan dampak positif bagi tubuh. Aneka mineral, vitamin, dan berbagai nutrisi lain jika diserap maksimal, tentunya akan berdampak pada meningkatnya kesehatan tubuh.

    SUMBER:
    https://cantik.tempo.co/read/1483460/4-cara-agar-makanan-lebih-mudah-dicerna-dan-menurut-ahli-diet
    https://www.fitnessfirst.co.id/id/blog/7-ways-to-improve-your-digestion-and-feel-lighter-on-your-feet
    https://www.sehatq.com/artikel/cara-mempercepat-proses-pencernaan-makanan

    Gambar
    https://www.pexels.com/id-id/foto/penuangan-cairan-dalam-gelas-pint-416528