Thursday, March 24, 2022

Ingin Berat Badan Naik? Yuk Konsumsi 4 Makanan Sehat Ini

Mencapai berat badan yang ideal memang perlu perjuangan. Bahkan bagi yang berat badannya dibawah rata-rata, perlu upaya khusus untuk menaikkannya. Mengonsumsi makanan sehat untuk menaikkan berat badan bisa menjadi ikhtiar Anda.

Kebanyakan orang masih menganggap bahwa menaikkan berat badan harus memperbanyak asupan tinggi lemak. Padahal ada sejumlah nutrisi lain yang perlu agar berat badan menjadi ideal tanpa naik berlebihan. Berikut beberapa pilihan makanannya.


Pilihan Makanan Sehat Penambah Berat Badan

Makanan penambah berat badan tidak harus yang serba instan. Ada banyak pilihan asupan tinggi protein, lemak baik, karbohidrat, dan berbagai vitamin penting. Jika mengonsumsinya secara teratur, maka berat badan akan naik tanpa khawatir ancaman obesitas. Ini dia beberapa pilihanya.

  • Ikan Salmon

  • Salmon kaya akan protein, omega 3, dan lemak sehat yang mendukung kenaikan berat badan. Untuk asupan yang cukup setiap hari, Anda memerlukan 208 kalori dari 100 gram ikan salmon segar. Kadar tersebut juga mencakup 20,4 gram protein dan 13,4 gram lemak.

    Untuk mendapatkan tambahan kalori, Anda bisa mengolahnya dengan campuran mentega atau minyak. Umumnya ikan dengan daging berwarna oranye ini dikonsumsi mentah. Memang tidak salah, akan tetapi disarankan untuk tidak terlalu sering.

  • Nasi
  • Makanan pokok orang Asia Tenggara ini tidak hanya mengenyangkan, tetapi bisa menggemukkan. Nasi kaya akan karbohidrat yang berperan penting dalam menambah berat badan. Sebanyak 100 gram nasi putih mengandung 180 kalori dan 39,8 gram karbohidrat.

    Untuk program menaikkan berat badan, Anda bisa memakan nasi minimal 3 kali sehari. Kombinasikan dengan lauk berprotein tinggi seperti salmon, daging merah, maupun telur. Jangan lupa rajin olahraga dan jauhi junk food.

  • Daging Merah

  • Daging merah bisa berasal dari beberapa ternak. Mulai dari kambing, kerbau, maupun kambing. Makanan sehat ini mengandung protein tinggi yang bermanfaat sebagai pembentuk massa otot. Jika massa otot meningkat, maka berat badan pun akan naik.

    Anda bisa memilih potongan daging berlemak karena kaya akan kalori. Sebagai acuan untuk dikonsumsi, dalam 100 gram daging sapi berlemak, Anda akan memperoleh 273 kalori, 22 gram lemak, serta 17,5 gram protein. Selingi konsumsi daging merah dengan makanan lain agar asupannya tidak berlebih.

  • Susu

  • Susu merupakan salah satu super food yang kaya akan karbohidrat, lemak, protein, kalsium, vitamin, dan aneka mineral. Sebanyak 245 gram susu sapi segar atau sekitar 1 cangkir sedang terkandung 83,3 kalori, 8,3 protein, 0,2 gram lemak, hingga 12,2 gram protein.

    Tentu sebagai upaya untuk menambah berat badan, susu merupakan pilihan yang tepat untuk dikonsumsi. Selain membantu menambah berat badan, susu juga berguna untuk membantu menambah massa otot.

    Ternyata tidak harus makan makanan tinggi gula, serba instan, dan kaya lemak trans untuk bisa menaikkan berat badan. Beberapa pilihan makanan sehat di atas bisa menjadi pilihan asupan harian Anda.

    SUMBER:
    https://katadata.co.id/safrezi/berita/61e1164c47e51/8-jenis-makanan-penambah-berat-badan-untuk-segala-usia
    https://www.alodokter.com/6-pilihan-makanan-penambah-berat-badan-anak
    https://hellosehat.com/nutrisi/berat-badan-turun/makanan-penambah-berat-badan/

    Gambar:
    https://www.pexels.com/id-id/foto/orang-mencampur-sereal-susu-dan-selai-stroberi-di-mangkuk-keramik-putih-704971/